kunci kepopuleran idol group korea

28 Aug
i
Rate This

Quantcast

//
PDRTJS_settings_955394_post_2028={“id”:955394,”unique_id”:”wp-post-2028″,”title”:”kunci kepopuleran idol group korea”,”permalink”:”http:\/\/hinata123.wordpress.com\/2010\/08\/23\/kunci-kepopuleran-idol-group-korea\/”,”item_id”:”_post_2028″}
//

sebuah analisis menunjukan bahwa acara vareity show di TV merupakan kunci kepopuleran sebuah idol group, setelah teather dan film.

suka atau tidak, para idol inilah yang hari ini menjadi penguasa dunia entertainment Korea, mendominasi bukan hanya di dunia musik tapi juga merambah dunia televisi dan film.

menurut analisis JoongAng Ilbo dan Mnet Media, sebuah entertainment yg berbasis di Seoul, tren cutesy bublegum ini mempunyai pengaruh besar pada industri hiburan di Korea.

Analis telah mengikuti jadwal harian dari 11 kelompok idola besar dan menyimpulkan bahwa berbagai program variety TV (disebut yeneung di Korea) berfungsi sebagai tolak ukur, isyarat masyarakat Korea untuk hal besar berikutnya. Pada program variety, para Idola memamerkan daya tarik non-musik, berdansa atau melakukan impersonating.

Kim Eun-kepala, tim PR di SM Entertainment, yang mengelola grup idola f (X), menjelaskan, “Karena setiap anggota memiliki kewajiban dan banyak jadwal mereka yang berbeda, sulit untuk mengumpulkan mereka di satu tempat” Seperti idol group lainnya, lima anggota dari f (X) sering tampil menjadi host musik atau muncul pada program realitas.

11 idol yg telah diteliti antara lain Super Junior, Girls’ Generation, Big Bang, 2PM and 2AM,yang dianggap paling terkenal menurut grafik Mnet Media pada bulan februari-mei.

Di antara mereka, sembilan grup muncul di program yeneung setidaknya sekali sebelum mereka menduduki puncak tangga lagu. Banyak juga yg menjadi guest tetap pada program prime time. Misalnya, Jo Kwon saat ini adalah guest tetap pada empat program TV pada bulan ini, namun saat 2AM debut pada bulan Juli 2008 dahulu, mereka tidak terlalu berhasil. Lalu ketika Jo mulai muncul di TV, dengan Kkap dancenya dan bs menunjukan reaksi berlebihannya, popularitas 2AM mulai naik.

Setelah memulai debutnya di televisi pada 9 November tahun lalu, Jo muncul di “We Got Married,” variety show yg menyajikan konsep tentang seperti apa kehidupan pernikahan itu (ga bener2 menikah tentunya). Ketika Jo bergabung menjadi bagian dari WGM, penjualan 2AM meningkat tajam, dan kelompok itu akhirnya mencapai puncak tangga lagu untuk pertama kalinya awal tahun ini dengan lagu berjudul, “Can’t Let You Go Even If I Die.”

“Melakukan acara TV seperti ini adalah salah satu cara untuk mempromosikan lagu-lagu kami,” kata Jeong Jin-woon, anggota lain 2AM. Jeong juga secara rutin muncul di televisi sebagai guest.

Setelah idol group mencapai Nomor 1 di tangga lagu, langkah berikutnya adalah dengan muncul di iklan TV. Lalu kemudian banyak juga yang memperluas karier mereka untuk acting di drama , film dan musikal.

Produser Teater senang jika bisa menggaet Idol, karena dengan adanya Idol dalam Musikal mereka, telah menjamin penjualan tiket yg tinggi. Ketika idol beracting dalam produksi musikal, rata-rata sebesar 96 persen tiket akan terjual (kursi akan terisi), dibandingkan dengan 70 persen atau lebih rendah untuk produksi khas Seoul.

Tiket untuk musikal ”Mozart”, yang dibintangi Xiah Jun-soo,salah satu member TVXQ, terjual habis hanya dalam dua menit setelah mereka mulai dijual awal bulan lalu.

Jessica (Girls ‘Generation), yang mengambil bagian dalam versi musikal “Legally Blonde” di bulan Maret, dan Tae-yeon (Girls ‘Generation) juga menjadi fitur dalam film musikal “Midnight Sun” di bulan Mei. Onew, anggota SHINee, juga masuk menjadi bintang musikal “Brothers Were Brave” pada bulan April. Semua musikal tersebut menunjukan keuntungan yg sangat besar.

Drama dan film adalah pekerjaan favorit idol lainnya. TOP, anggota Big Bang, muncul dalam drama TV “Iris” tahun lalu dan juga mendapat peran dalam film “71 : Into the Fire.”

Bahkan sebenarnya tidak akurat mengatakan kebanyakan para idol ini sebagai “penyanyi”, Sebaliknya., Mereka semua bs disebut entertainer (penghibur). Ini menjadi syarat bagi para idols ini untuk bisa sukses dalam bisnis pertunjukan, dan apakah mereka akan terus mengejar karir menyanyi mereka atau tidak.

Kritikus musik pop Zin Im-mo berkata, “Satu hal yang saya bisa katakan dengan pasti adalah bahwa Idol group adalah orang-orang yang mempertahankan dunia Kpop, bahkan lebih dari itu, Mereka telah benar-benar menjadi aturan industri hiburan,” kata Im.

credit : Joogandaily

Translate to indonesia : eighty8love for Koreanindo.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: