Tips Cerdas Berkarir

1 Aug

Ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab secara jujur. Apakah saat ini Anda merasa sudah mendapatkan karir yang tepat? Indikasinya, jika Anda berhasil melakukan pekerjaan yang hebat, apakah akan mendapat imbalan yang hebat pula? Apakah pekerjaan berkembang sementara kemampuan Anda turut berkembang?

Pertanyaan berikutnya, apakah Anda merasa akan menjadi orang yang lebih berharga dalam beberapa bulan atau tahun mendatang? Apakah Anda merasa telah mempelajari sesuatu yang berguna dari pekerjaan Anda sekarang? Kalau jawabannya “Tidak”, maka pekerjaan tersebut tidak sesuai untuk Anda.

Setiap orang pastinya mendambakan kesuksesan dalam berkarir. Wajar saja, berbagai upaya telah kita lakukan untuk meraih cita-cita. Banyak hal yang telah kita korbankan, waktu, energi, biaya, dan sebagainya. Beberapa orang mungkin mudah saja mendapatkan sesuatu yang pas sesuai kemauannya, namun tidak sedikit yang masih sulit mewujudkannya.

Berikut ini beberapa tips agar karir Anda sukses sesuai harapan :

1.   Disiplin pada diri sendiri untuk mencapai tujuan Anda. Senantiasa fokus dan pintar-pintar mengelola waktu agar tugas-tugas terselesaikan sesuai jadual. Tepati janji dan taat pada prosedur yang berlaku.

2.   Pilihlah pekerjaan yang memang Anda sukai. Melakukan hal dengan keterpaksaan, hanya akan membuang waktu kita dalam menuju kesuksesan berkarir.

3.   Jangan terlalu banyak membuat target. Yang penting prioritas dan fokus. Ingat, tak ada manusia yang sempurna, termasuk Anda.

4.   Komitmen yang tak putus-putus. Apapun langkah yang dilakukan untuk mewujudkan kesuksesan berkarir, perlu dilakukan dengan keinginan dan daya juang yang tinggi, inisiatif, hasil karya, penyelesaian tugas, kerjasama dan komunikasi.

5.   Mulailah perbaiki segala kelemahan diri yang ada. Bangkitkan percaya diri untuk dapat dengan mudah mengungkapkan inisiatif. Jangan sungkan untuk mengakui kesalahan, jika Anda memang melakukannya. Jangan pernah takut untuk berpikir di luar kotak dan menaruh ketajaman bisnis Anda dalam pekerjaan.

6.   Kembangkan kerjasama dan jejaring kerja yang positif. Semakin banyak orang yang melihat kekuatan dan kemampuan Anda, maka lebih banyak kesempatan Anda untuk mendengar tentang kesempatan baru yang akan datang. Siapa tahu karir baru yang lebih baik sedang menanti Anda di luar sana.

7.   Gaul dan menjaga sopan santun, termasuk menjaga penampilan diri dan tutur kata merupakan hal penting dalam menjalin kerjasama. Buang jauh-jauh sikap introvert, membatasi pergaulan, atau menyendiri, jika ingin meraih kesuksesan. Ikutilah organisasi-organisasi professional, hadiri konferensi-konferensi industri, atau bahkan, menjadi sukarelawan.

8.   Carilah seorang mentor. Bangunlah hubungan mentoring, baik di dalam ataupun di luar perusahaan. Prinsipnya, Anda harus tetap belajar. Perbanyaklah ilmu dan ketrampilan yang relevan dan signifikan untuk dapat menghasilkan hasil karya. Cara ini terbukti untuk meningkatkan karir Anda adalah secara berlanjut meraih pengetahuan baru.

9.   Bangunlah reputasi Anda dan juallah diri Anda.. Dalam bisnis, reputasi anda adalah hal paling bernilai yang anda miliki. Pelajari seni yang baik dari mempromosikan diri Anda.

10.  Jangan bosan-bosan berdo’a, memohon pertolongan Tuhan untuk mengabulkan kesuksesan karir yang kita inginkan.

Credits :

Edit : Mutiara @nabilaworld

Source : Asianbrain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: