Korea Utara Ancam dengan Nuklir

28 Jul

wordpress.com
Dibaca : 49 kali | Komentar: 0

Seoul, Sabtu

KOREA Utara mengatakan akan mempergunakan “senjata nuklir” sebagai reaksi atas latihan bersama militer Amerika Serikat-Korea Selatan akhir minggu ini.

Kantor Berita Pusat Korea, KCNA, milik pemerintah Korea Utara mengatakan Pyongyang sudah bersiap melancarkan “perang suci balasan” kapan saja.

Washington dan Seoul mengatakan latihan perang itu bertujuan mencegah agresi Korea Utara.

Ketegangan kedua negara Korea ini semakin memuncak sejak kapal perang Korea Selatan tenggelam bulan Maret lalu.

Penyelidikan internasional mengatakan kapal itu tenggelam akibat torpedo Korea Utara, tuduhan yang dibantah keras Pyongyang.

Wartawan BBC di Seoul mengatakan Korea Utara sudah sering mengeluarkan peringatan semacam itu.

Meski ancaman tersebut seperti biasa dianggap sebagai perbedaan pendapat secara diplomatik, peningkatan ketegangan ini akan membuat sejumlah negara di wilayah khawatir.

Perang kata-kata

KCNA melaporkan Komisi Pertahanan Nasional Korea Utara yang sangat berpengaruh mengatakan bahwa latihan perang itu “merupakan provokasi langsung yang bertujuan mengganggu Republik Rakyat Korae Utara dengan senjata”.

“Militer dan Rakyat Korea Utara akan memulai perang suci balasan yang khas dengan mempergunakan alat pertahanan nuklir di saat yang diperlukan untuk melawan imperialis Amerika Serikat dan bonekanya Korea Selatan yang dengan sengaja mendorong situasi ini ke arah peperangan,” tulis KCNA.

Sebagai tanggapan, Gedung Putih mengatakan tidak tertarik terlibat dalam “perang kata-kata” dengan Korea Utara.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, PJ Crowley mengatakan pihaknya menginginkan “langkah yang lebih konstruktif dan sedikit pernyataan provokatif” dari Pyongyang.

Dalam pertemuan forum keamanan Asia Tenggara Korea Utara mengancam akan memberi tanggapan fisik terhadap latihan militer ini.

Juru bicara delegasi Korea Utara di forum ASEAN mengatakan latihan itu merupakan contoh “diplomasi kapal perang” abad ke 19.

“Ini merupakan ancaman bagi semenanjung Korea dan Asia secara keseluruhan,” ujarnya.

Peringatan China

Latihan perang -yang akan dimulai hari Minggu (25/7)–akan melibatkan kapal induk USS George Washington, 20 kapal perang dan kapal selam, 100 pesawat dan 8.000 personel.

China mengkritik rencana latihan perang itu dan memperingatkan agar tidak ada aksi yang bisa “menambah ketegangan regional”.

Namun Jepang mengirim empat pengamat militer yang merupakan satu isyarat negara itu mendukung latihan itu.

Hari Rabu (22/07) Amerika Serikat mengumumkan penerapan sanksi baru bagi Korea Utara yang meliputi larangan profilerasi nuklir dan impor barang mewah.

Sementara tidak banyak pihak yang memandang pernyataan itu sebagai ancaman yang akan segera diwujudkan, Pernyataan tersebut menunjukkan memang ada peningkatan ketegangan.

China sebelumnya mendesak Amerika Serikat dan Korea Selatan untuk berhati-hati. Negara itu tidak menginginkan ketegangan di semenanjung Korea semakin meningkat, dan Beijing dengan tegas mengisyaratkan pihaknya memandang latihan perang di semenanjung Korea ini tidak tepat dilakukan saat ini.

Kekhawatiran China yang sebenarnya adalah Korea Utara sudah sangat terisolasi, lewat tekanan diplomatik dan ekonomi, dan jika negara itu semakin ditekan Pyongyang bisa mewujudkan ancaman kata-katanya menjadi kenyataan. (BBC/apr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: